Strategi Marketing

Strategi Marketing

strategi marketing

1. Strategi Marketing

Strategi marketing merupakan serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Strategi marketing dapat dibedakan dari dua sudut pandang yaitu dari penjual dan pembeli.

Strategi dan kiat pemasaran dari sudut pandang penjual atau 4P Pemasaran, yaitu :
a. Tempat yang strategi (place).
b. Produk yang bermutu (product).
c. Harga yang kompetitif (price).
d. Promosi yang gencar (promotion).

Sedang dari sudut pandang pembeli/customer 4C, yaitu  :
a. Kebutuhan dan keinginan pelanggan (customer needs and wants).
b. Biaya pembeli (cost to the customer).
c. Kenyamanan ( convenience).
d. Komunikasi (communication).

Pemasaran dilaksanakan berdasarkan lima komponen yang terkenal dengan istilah 4P 1C, yaitu :

  1. Product adalah pelayanan yang disediakan, didefinisikan sebagai objek fisik, pelayanan organisasi, dan ide. Produk juga dapat diartikan sebagai paket keseluruhan berupa barang dan jasa yang menjadi focus transaksi antara pemasar dan target pasar.
  2. Price adalah harga yang ditetapkan yang berhubungan dengan penjualannya. Dalam pemasaran sosial, harga dapat dihitung dari respons perilaku yang diharapkan, harga psikologis, harga social, dan harga yang dibutuhkan karena waktu dan usaha yang dilakukan.
  3. Place adalah tempat jasa ditawarkan atau tempat untuk mendistribusikan produk.
  4. Promotion adalah alat utama untuk melakukan komunikasi persuatif dalam member kesadaran konsumen tentang kebutuhannya. Promosi dapat melibatkan iklan, keluarga, kelompok masyarakat, atau lembaga.
  5. Consumer adalah pembeli produk atau penerima jasa dapat berupa individu, keluarga, kelompok mesyarakat, atau lembaga.
2. Proses Marketing

Proses Marketing terdiri dari analisis peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisasikan, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran. Proses marketing dapat dijelaskan lebih rinci dalam langkah-langkah sebagai berikut :

- Langkah ke-1 adalah analisis yaitu dengan membuat inventarisasi kelompok sasaran dan mencari institusi-institusi/stakeholder yang dapat membantu dan bekerjasama.

- Langkah ke-2 yaitu melakukan riset untuk mengetahui tanggapan masyarakat terutama kelompok sasaran terhadap produk dan jasa pelayanan yang akan diberikan.

- Langkah ke-3 adalah menyusunan strategi pemasaran. Strategi yang digunakan disini merupakan serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

- Lankah ke-4 adalah monitoring dan evaluasi. Kegiatan monitoring adalah proses untuk menemukan kekurangan atau kesalahan pada strategi yang telah ditetapkan. Evaluasi merupakan kegiatan untuk mengetahui apakah tujuan dari strategi pemasaran telah tercapai atau belum.

- Langkah ke-5 adalah pelaksanaan proses pemasaran. Kegiatan ini menggunakan media yang telah dipersiapkan untuk menunjang program melalui pesan-pesan sehingga akan mudah diingat oleh masyarakat luas ataupun khususnya bagi konsumen.

Faktor yang mempengaruhi strategi marketing adalah :

1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2. Faktor makro, yaitu demografi atau ekonomi, politik atau hukum, teknologi atau fisik dan sosial atau budaya.

         Tujuan akhir dan konsep, kiat dan strategi marketing adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (total customer satisfaction). Kepuasan pelanggan sepenuhnya bukan berarti sepenuhnya bukan berarti memberikan kepada apa yang menurut kita inginkan dari mereka, tetapi apa yang sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan. Atau secara singkat adalah pemenuhan kebutuhan pelanggan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »