Sejarah Bahasa Indonesia

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA


Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Bahasa Indonesia

     Bahasa Indonesia, sebagaimana halnya bahasa-bahasa lain di dunia, Bahasa Indonesia juga memiliki sejarah pertumbuhan dan perkembangan yang khas. Bahasa Indonesia yang selama ini dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari, bermula dari suatu bahasa yang telah berabad-abad dipakai sebagai alat perhubungan antar berbagai bangsa di wilayah Asia Selatan. 

     Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu yang semula hanya di pergunakan di kalangan orang melayu saja. Keberadaan bahasa Melayu itu tidak berbeda dengan bahasa-bahasa lain di Nusantara yang dipergunakan secara khusus oleh masyarakatnya, yaitu bahasa Jawa, Sunda, Madura, Dayak, Bugis, Ambon, Maluku, Papua.

     Bahasa Melayu kemudian berkembang menjadi bahasa yang dipergunakan seluruh bangsa Indonesia sebagaimana adanya sekarang, dapat dipastikan ada berbagai alasan yang menyertai perjalanan sejarahnya.

     Dari pengamatan perjalanan sejarah berbagai bahasa di dunia, tampak ada empat faktor penting yang ikut serta mewarnai penyebaran suatu bahasa sehingga menjadi lingua franca (bahasa yang dipergunakan secara luas oleh masyarakat yang berbahasa lain dalam perdagangan). Faktor-faktor tersebut adalah ekonomi, agama, pendidikan, dan politik atau kekuasaan.

Baca juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »