Penyakit Pada Kehamilan

PENYAKIT PADA KEHAMILAN

Penyakit yang disebabkan oleh virus pada ibu hamil diantaranya :

1. Virus Toxoplasmosis
Penyakit Pada Kehamilan

Toxoplasmosis adalah infeksi pada manusia yang ditimbulkan oleh parasit Toxoplasma gondii (T. gondii), yang keberadaannya cukup umum di seluruh dunia. Orang dewasa dengan tingkat kesehatan baik mungkin tidak memerlukan perawatan medis apa pun untuk sembuh dari serangan toksoplasmosis. Infeksi Toxoplasma disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondi. Sekitar 80% - 90% dari orang yang terinfeksi Toxoplasma tidak menunjukkan gejala.

Pengobatan ToxoplasmaToxoplasmosis dapat ditangani secara medis. Ada beberapa obat, biasanya digunakan dalam kombinasi, untuk mengobati infeksi oleh parasit ini.

Pencegahan ToxoplasmaPencegahan Toxoplasmosis utamanya adalah untuk menghindari masuknya parasit. Berikut ini disarankan untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terinfeksi Toxoplasmosis:
  • Benar-benar memasak semua daging (daging beku selama beberapa hari juga mengurangi kemungkinan Toxoplasma)
  • Mencuci tangan dengan benar setelah menyentuh daging mentah.
  • Cuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi.
  • Jangan minum susu yang tidak dipasteurisasi atau minum air mentah.

2. syphilis dan  HIV

Syphilis atau raja singa adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang bernamaTreponema pallidum. Sifilis adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS). Penyebaran infeksi ini paling umum adalah melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Selain melalui hubungan intim, bakteri penyebab sifilis juga bisa menyebar melalui pajanan cairan tubuh penderitanya misalnya melalui darah.

human immunodeficiency virus (HIV)  adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Tanpa pengobatan, seorang dengan HIV bisa bertahan hidup selama 9-11 tahun setelah terinfeksi, tergantung tipenya.

3. Rubella

Rubella atau campak Jerman umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Penyakit ini disebabkan oleh virus rubella dan dapat menyebar dengan sangat mudah.Penularan utamanya dapat melalui titik-titik air di udara yang berasal dari batuk atau bersin penderita.

4. Herpes genital

Herpes genital infeksi pada alat kelamin yang bisa menulari pria dan wanita. Penyakit ini salah satu dari Infeksi Menular Seksual atau IMS karena umumnya ditularkan melalui hubungan seksual (vagina, anal, dan oral).Infeksi yang terjadi disebabkan oleh virus herpes simpleks atau sering disebut sebagai HSV.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »